Sabtu, 12 Maret 2011

all about Korea

>> Hangeul (bahasa Korea)

Bahasa sehari-hari :

-Aku cinta kamu : Saranghae,saranghamnida
-Aku suka kamu : Choaheyo
-Senang bertemu denganmu : mannaseo bangapseumnida
-Saya orang Indonesia : Indonesia saramimnida
-Saya belajar bahasa Korea : Naneun hangugeoreul baeunda
-Maafkan aku : Mianhae "i" mian hamnida
-Kalian dari mana? : Neohuideureun eodieseo wanni?
-Boleh,silahkan : Ne,doemnida
-Bagus sekali : Maeu joseumnida
-Oke : jeoseumnida
-Tidak : Anio
-Iya : Ye i ne
-Tidak pernah : Gyeolko animnida
-Aku mengerti : Algesseoyo "i"arayo
-Aku tidak tau : Mollayo
-Ya,ada : Ne,isseoyo
-Siapa namamu? : Ireumi mwoyeyo?
-Namaku Jeong ji-Hoo : Jeo neun Jeong Ji-Hoon ieyo
-Apakah ini? : Ige mwoyeyo?
-Sangat cantik : Cham yebbeoyo
-Tidak apa-apa : Geonchanayo
-Baik-baik saja Terima kasih : Jal jinaepida,gamsahamnida
-Maaf tidak tau : Mianhamnida,jalmoreugesseumnida
-Halo : Yeoboseyo
-Aku suka nasi goreng : Jeoneun nasi gorengeul joahamnida


Bilangan :

1 : il 6 : yuk 11 : sip-il 16 : sip-yuk 21 : i-sip-i
2 : i 7 : chil 12 : sip-i 17 : sip-chil 50 : o-sip
3 : sam 8 : pal 13 : sip-sam 18 : sip-pal 55 : o-sip-o
4 : sa 9 : gu 14 : sip-sa 19 : sip-gu 100: il-baek
5 : o 10 : sip 15 : sip-o 20 : i-sip 1000:il-cheon

10.000 : il-man
100.000 : il-sip-man
1.000.000 : il-baek-man
10.000.000 : il-cheon-man
100.000.000 : il-eok


Daftar Kata :

-Penyanyi : Gasu
-Keluarga : Gajok
-Masuk angin : Gamgi
-Polisi : Gyeongchal
-Kucing : Goyangi
-Taman : Gongwon
-Telefon umum : Gongjungjeonhwa
-Bandara : Gonghang
-Kue : Gwaja
-Sepatu : Gudu
-Seratus : Baek
-Rumah sakit : Byeongwon
-Pulpen : Bolpen
-Roti : Ppal
-Toko Buku : Seojeom
-Restoran : Sikdang
-Indah : Areumdappda
-Bayi : Agi
-Pagi : Achim
-Koran,surat kabar : Sinmun
-Majalah : Japji
-Anak-anak : Eocini
-Rumah : Jip
-Kopi : Keopi
-Taksi : Taeksi
-Televisi : Tellebijeon
-Pesta : Pati
-Hotel : Hotel
-Kantor : Hoesa
-Sekolah : Hakgyo
-SD : Chodeunghakgyo
-SMP : Junghakgyo
-SMA : Godeunghakgyo
-Murid SMA : Godeunghaksaeng
-Universitas : Daekhakgyo
-Laki-laki : Namja
-Perempuan : Yeoja
-Adik laki-laki : Namdongsaeng
-Adik perempuan : Yeodongsaeng


Nama Hari :

Senin : Wolyoil Jumat : Geumyoil
Selasa : Hwayoil Sabtu : Toyoil
Rabu : Suyoil Minggu : ilyoil
Kamis : Mokyoil


Nama bulan :

Januari : ilwol Juli : Chilwol
Februari : iwol Agustus : Palwol
Maret : Samwol September : Guwol
April : Sawol Oktober : Siwol
Mei : Owol November : Sipilwol
Juni : Yuwol Desember : Sipiwol

Ket : Orang korea mempunyai cara pengucapan sendiri dalam menyebut bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar